Mengenal Spesialisasi Bidang Keahlian Teknik Informatika/Ilmu Komputer Versi Startechnet




Jurusan Kuliah pada bidang Information Technology (IT) seperti Teknik Informatika (Informatics Engineering) maupun Ilmu Komputer, sangat banyak peminatnya. Pada Jurusan tersebut ada yang strata Diploma maupun Sarjana atau bahkan Magister (S2). Pada jurusan tersebut banyak yang mengincar, terutama Siswa SMA/SMK Kelas 12 yang akan lulus.

Bidang keahlian pada jurusan tersebut terdapat beberapa spesialisasi. Berikut ulasannya.

1. Sistem Informasi


Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. (Wikipedia)


Pada bidang ini terdapat beberapa sub bidang, yaitu :


  • SI berbasis web : pada SI berbasis web, sistem tersebut dibangun menggunakan teknologi web (WWW). Web itu gambaran singkatnya adalah kumpulan dokumen yang diterbitkan melalui jaringan internet (WWW) yang dapat diakses dimana pun asalkan terkoneksi dengan jaringan internet, cukup melalui web browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, Safaric dll. Pada versi ini mempunyai kelebihan yaitu bisa diakses melalui semua platform atau istilahnya tanpa batasan platform, entah di PC (Windows/Linux/Mac OS) maupun mobile seperti Android, IOS, Java, dll. 
  • SI berbasis mobile : pada versi mobile, sistemnya adalah aplikasi tersebut dapat dipakai dimanapun atau mobilitas. Jadi, lebih fleksibel cukup dimasukkan ke dalam saku atau tas, seperti Smartphone. Kelemahannya, jika sistem yang dibuat berjenis Android, maka hanya bisa dipakai di smartphone Android. Jadi, tidak bisa diinstalasi di smartphone iphone (IOS) atau istilahnya terdapat batasan platform. Namun, kelebihannya yaitu sangat mendukung di perangkat yang digunakan. Fiturnya bisa beragam dan spesial untuk perangkat yang digunakan. 

2. Multimedia

Pada bidang ini biasanya menyajikan sebuah produk hiburan yang artistik. Multimedia sendiri gambaran singkatnya adalah perpaduan antara teks, gambar, suara dan video yang dikumpulkan jadi satu.

Pada bidang ini terdapat beberapa jenis : yaitu Game, Animasi 2D/3D, Film, dll.



3. Jaringan (Networking)

Jaringan komputer (jaringan) adalah jaringantelekomunikasi yang memungkinkan antar komputeruntuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). (Wikipedia)


Contoh implementasinya adalah misalnya Internet Service Provider (ISP), Cyber Security, Kemanan Data, Keamanan Jaringan, dll.



4. Mikrokontroller

Mikrokontroler adalah suatu mikroprosesor plus. Mikrokontroler adalah otak dari suatu sistem elektronika seperti halnya mikroprosesor sebagai otak komputer. Nilai plus bagi mikrokontroler adalah terdapatnya memori dan Port Input/Output dalam suatu kemasan IC yang kompak. (Wikipedia)


Pada bidang ini, tujuannya adalah memprogram hardware dengan bahasa mikrokontroller dan menjadikannya alat tertentu, seperti KWh meter, Pendeteksi Suhu, Deteksi ketinggian air, robotik, dll.



5. Internet Of Things

Jadi Internet of Thing (IoT) adalah sebuah konsep dimana suatu objek yang memiliki kemampuan untuk mentransfer data melalui jaringan tanpa memerlukan interaksi manusia ke manusia atau manusia ke komputer. IoT telah berkembang dari konvergensi teknologi nirkabel, micro-electromechanical systems (MEMS), dan Internet. (https://idcloudhost.com/mari-mengenal-apa-itu-internet-thing-iot/)


Contoh implementasinya, adalah kita membuat sebuah sistem yang saling terhubung seperti sebuah ruangan yang terdapat alat-alat seperti AC, TV, PC yang bisa kita kontrol dengan sebuah smartphone. Implementasi besarnya misalnya pembuatan smarthome, smartoffice bahkan smartcity.

Biasanya ketika skripsi/tugas akhir, kita disuruh memilih dari bidang-bidang di atas untuk kita kembangkan menjadi produk, seperti aplikasi (untuk diploma) dan karya tulisa ilmiah seperti sikripsi dan thesis (untuk S1/S2).

Demikian pengenalan  Spesialisasi Bidang Keahlian Teknik Informatika/Ilmu Komputer Versi Startechnet. Terimaakasih.

Posting Komentar

0 Komentar