Cara/Tutorial Membuat Laporan/Makalah/Skripsi/Tugas Akhir otomatis dengan cepat dan mudah melalui fitur-fitur pada Microsoft Word | Bagian 1 : Pengaturan Awal Dokumen

Halo sahabat! salam.
Oke pada postingan saya kali ini, saya akan membagikan sedikit yang saya ketahui yaitu cara atau tutorial membuat Laporan/Makalah/Skripsi/Tugas Akhir secara otomatis dengan memanfaatkan fitur-fitur pada Microsoft Word.


Bagian 1 : Pengaturan Awal Dokumen.

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Buka Microsoft Word kalian sahabat.


2. Pilih Tab PAGE LAYOUT, lalu pilih Size. untuk ukuran/size halaman bisa disesuaikan dengan aturan dari masing-masing laporan. disini saya contohkan A4.


3. Masih di Tab PAGE LAYOUT, kita berpindah di Margin. Margin digunakan untuk mengatur jarak tepi dari halaman word kita. untuk settingan normalnya seperti gambar dibawah. Kalau mau di setting custom tinggal klik pada custom margin.
4. Mengatur Margin secara custom. untuk margin customnya disesuaikan dengan penduan laporan
atau makalah pada setiap institusi masing-masing. Misalnya di kampus saya UNS yaitu dengan ketentuan margin top (atas) 4cm, margin left (kiri) 4 cm, margin bottom (bawah) 3 cm dan margin right (kanan) 3 cm.


5. Magatur jenis Font. setahu saya, di manapun institusi pasti dalam aturan penulisan laporan dan karya tulis lainnya (yang formal atau resmi) pasti menggunakan font Times New Roman.


6. Mengatur ukuran font misalnya 12.


7. Selesai.


Untuk contoh yang sudah jadi : Download Contoh Dokumen

Posting Komentar

0 Komentar