Cara Mudah Mengatasi CPU tidak tampil di Monitor


Saya akan berbagi sedikit berbagi pengalaman saya semasa Prakerin (Praktek Kerja Industri). Prakerin merupakan salah satu kurikulum dan metode belajar SMK untuk mendidik siswanya agar dapat langsung praktek di lapangan tentang semua yang telah diajarkan di SMK. Saya kebetulan adalah salah satu siswa TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan) di SMK Negeri 2 Sragen.

Cukup sudah saya memperkenalkan saya berbasa-basi inilah yang sebenarnya akan saya bagikan kepada kalian semua.

Pernahkah kalian ketika menghidupkan Komputer Fan pada CPU berputar tetapi tidak tampil (DISPLAY) di Monitor? Taukah kalian sebenarnya itu Power Supply kalian masih normal tetapi yang bermasalah adalah Memorynya (RAM/Random Access Memory). Itu bisa disebabkan karena slot RAM pada Mainboard/Motherboard CPU kalian yang sudah rusak atau RAM nya itu sendiri. Nah untuk mengatasi masalah tersebut kalian bisa melakukan opsi dua langkah berikut :

1. Pindah RAM ke slot lain dulu.
2. Kalau masih tidak tampil, Ganti RAM yang lain atau bisa pinjam teman yang penting jenisnya sama.
3. Kalau masih tidak tampil lagi setelah diganti, itu berarti slotnya memang benar-benar rusak semua karena jarang dipakai.
4. Ganti Mainboard atau di bawa ke tempat Service dulu.

Nah itulah yang bisa saya bagikan ke teman-teman sekalian. Setidaknya kalian bisa mencoba sendiri sebelum dibawa ke tempat Service. Good Luck !

Posting Komentar

0 Komentar