Tips and Trick Windows Edisi 1 | Amankan Windows-mu!


(1/4) Membasmi virus tanpa antivirus
Virus? Pasti tidak asing lagi dengan benda bernama virus. Berikut tips membasmi virus tanpa antivirus. Gimana caranya tuh? Simak langkah-langkah umum berikut dalam membasmi virus:

1. Nonaktifkan System Restore.
Fasilitas System Restore pada Windows berguna untuk mengembalikan konfigurasi sistem ke konfigurasi sebelumnya. Agar sistem yang telah pulih tidak kembali rusak, matikan fasilitas ini dengan klik kanan pada My Computer dan pilih Properties. Lalu pilih tab System Restore dan centang bagian Turn off System Restore on All Drive. 

2.Matikan proses virus.
Bagaimanapun caranya, matikan proses virus. Biasanya proses virus memiliki ikon berupa folder atau dokumen MS Word. Gunakan aplikasi seperti Process Explorer, Pocket Killbox, Show Kill Process, The Killer Machine, dan sebagainya. 

3. Pulihkan registry.
Pulihkan registry yang telah diotak-atik oleh virus. Jika tidak, maka virus dapat menginfeksi komputer Anda lagi. Gunakan Hijack This, Registry Cleaner, atau The Killer Machine. Hapus juga entry Scheduled Task yang dibuat oleh virus jika ada.

4. Hapus file-file virus. 
Gunakan fasilitas Search pada Windows untuk menemukan file-file virus.

5. Munculkan file-file yang disembunyikan virus. 
Virus pada umumnya tidak begitu kejam dengan menghapus dokumen-dokumen kita. Biasanya file-file tersebut hanya disembunyikan. Gunakan perintah attrib -s -h pada Command Prompt untuk memunculkannya kembali.

6. Saran terakhir untuk pencegahan. 
Hati-hatilah saat melakukan transfer data baik melalui disket, USB Flash Disk, maupun dari jaringan. Tunjukkan file hidden dan ekstensi file pada Windows Explorer. Selain itu, jangan mudah tergoda oleh file-file dengan nama yang menggoyahkan iman.


(2/4) Mengubah Nama Kepemilikan Windows Vista/7
Jika Komputer anda diInstall ulang oleh orang lain biasanya Nama Kepemilikan Windows anda mengInstallnya adalah atau nama Nama orang yang perusahaan tempat anda mengInstall Windows.  Berikut Trik untuk Mengubah Nama Kepemilikan Windows Vista/7.

Sebelumnya kita cek dulu nama kepemilikan Windows kita terlebih dahulu, dengan cara berikut :
Buka Computer -> Tekan Tombol ALT (pada Keyboard) -> Klik Help -> About Windows

Bagaimana? Bukan nama Anda? Tenang! Akan saya kasih trik untuk mengganti nama kepemilikan Windows, simak baik-baik langkah-langkah berikut  :

1. Masuk ke Regedit ( Tekan Tombol Windows+R lalu ketik regedit)

2. Masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows NT\CurrentVersion

3. Klik 2x String dengan nama "RegisteredOwner", lalu ganti Value Data menjadi Nama Anda

4. Selesai.

Sekarng tinggal cek lagi sama seperti cara sebelumnya :
Buka Computer -> Tekan Tombol ALT (pada Keyboard) -> Klik Help -> About Windows


(3/4) Trik memakai Windows Vista Ultimate gratis dan legal
Buat anda yang tidak mau melanggar hak cipta tapi juga keberatan membeli windows vista ultimate yang harga oemnya saja 2,4jt dan fpp 4,5 jt inilah triknya (tidak usah kuatir ditangkap polisi karena yang memberikan trik ini microsoft sendiri jd aman dan legal). Tapi trik ini hanya bisa diulang 3 kali  jd total masa aktif vista anda jd 120 hari setelah itu harus diformat ulang. Disarankan untuk membuat partisi untuk menyimpan file penting sehingga di drive c hanya untuk program saja tidak ada file penting sehingga memudahkan proses format. perlu diketahui trik ini hanya boleh dilakukan pada saat masa uji coba anda sudah 0 hari setelah itu anda akan mendapat perpanjaangan masa aktif selama 30 hari ke depan.

Ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Start menu
  2. Isi kolom search dengan cmd lalu tekan ctrl+shift+enter
  3. Ketik slmgr -rearm terus enter
  4. Tunggu agak lama setelah muncul pesan lalu restart komputer anda lalu lihat di control panel - system, masa aktif vista and 30 hari lagi 
Tidak usah takut untuk melakukan windows update karena ketika kita dalam masa uji coba walaupun kita menginstall dengan DVD bajakan tetap dikenali sebagai windows asli, update akan berjalan dengan lancar. Tidak usah takut pada polisi lagi.
Anda juga bisa menggunakan anti virus norton internet security 2008 & mcafee 2008 secara gratis selama 90 hari, caranya:
Jika anda belum menginstall anti virus maka di windows security center akan ada microsoft anti virus partner, klik lalu download norton dan mcafee lalu gunakan secara gratis selama 90 hari setelah masa gratisnya habis format computer anda untuk mendapatkan gratis 90 hari bersamaan juga untuk mendapatkan gratis 120 hari untuk windows vistanya.


(4/4) Mencegah Copy atau Cut File Dari Komputer ke Flashdisk
Disini saya memberikan sebuah tips untuk mencegah pengambilan komputer anda ke flashdisk data dalam dari arti seseorang tidak akan bisa mengambil data dari komputer anda untuk dimasukkan ke flashdisk orang tersebut, tetapi anda tetap bisa mengambil data dari flashdisk untuk dimasukkan ke komputer anda. Berikut langkah-langkahnya :
  1. Masuk ke Regedit ( Tekan Tombol Windows+R lalu ketik regedit) 
  2. Masuk ke HKEY_LOCALMACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\ 
  3. Klik kanan pada folder Control pilih New->Key 
  4. Beri nama folder baru itu dengan "StorageDevicePolicies" 
  5. Lalu klik kanan di folder dengan nama "StorageDevicePolicies", lalu pilih New->Dword 
  6. Beri nama "WriteProtect" 
  7. Klik 2x Dword dengan nama "WriteProtect" tersebut, lalu ganti Value Data menjadi 1 
  8. Restart Komputer anda 
Untuk mengembalikan seperti semula anda tinggal mengganti Value Data dari key "WriteProtect" menjadi 0.

Posting Komentar

0 Komentar