Sejarah Perkembangan Komputer setelah Tahun 1940

Komputer telah melalui berbagai generasi dari mulai generasi pertama, kedua, ketiga, keempat, dan kelima sekarang ini yang sangat canggih mulai dari tablet, laptop dan lain-lain. Tetapi itu semua bermula dari beberapa penemuan alat-alat yang akan menjadi cikal bakal lahirnya komputer. Barikut Sejarah Perkembangan Komputer sebelum Tahun 1940 selengkapnya.

Komputer yang kita gunakan pada saat ini telah mengalami perkembangan
lebih dari 60 tahun yang lalu. Sejarah perkembangan komputer modern bermula
sejak tahun 1940. Pembagian komputer modern terdiri atas 5 generasi.

Sumber: occonline.occ.cccd.edu
Gambar 1.23 Komputer ENIAC
merupakan komputer generasi pertama
a. Generasi Pertama (1940–1959)
Komputer generasi pertama masih sangat sederhana dan belum kompleks penggunaannya. Komputer generasi pertama belum dapat memproses masalahmasalah yang rumit. Ukuran komputer generasi pertama sangat besar dan prosesnya pun masih lambat.
Komputer generasi pertama menggunakan tabung vakum (vacuum tube) untuk memroses dan
menyimpan data. Tabung vakum berukuran seperti lampu kecil. Tabung vakum cepat panas
dan mudah terbakar. Ribuan tabung vakum diperlukan untuk mengoperasikan komputer
generasi pertama. Komputer generasi pertama murni peralatan elektronik yang berfungsi untuk
membantu ilmuwan menyelesaikan masalah perhitungan matematika secara cepat dan tepat.
Ukurannya yang besar mirip komputer induk atau komputer utama (main frame). Contoh komputer
generasi pertama adalah ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator) yang dibuat oleh Dr John Mauchly dan Presper Eckert pada tahun 1946.

Sumber: kobnet.net
Gambar 1.24 Komputer generasi
kedua
b. Generasi Kedua (1959–1964)
Komputer generasi kedua menggunakan transistor dan dioda untuk menggantikan tabung vakum
walaupun keduanya juga mudah terbakar. Pada komputer generasi kedua, diperkenalkan cara baru
untuk menyimpan data, yaitu dengan penyimpanan secara magnetik. Penyimpanan secara magnetik menggunakan besi-besi lunak yang dililit oleh kawat. Kecepatan proses komputer generasi kedua lebih cepat dibanding generasi pertama. Awalnya, komputer generasi kedua menggunakan bahasa program tingkat tinggi, seperti Foltran (1954) dan COBOL (1959). Kedua bahasa program itu menggantikan bahasa mesin. Pada generasi ini, ukuran komputer lebih kecil (komputer mini). Komputer generasi ini digunakan untuk proses data di bidang perniagaan, universitas, dan militer. Contoh komputer pada generasi ini adalah DEC PDP-8, IBM 700, dan IBM 7094.


Sumber: www.guidebookgallery.org
Gambar 1.25 Komputer generasi ketiga
c. Generasi Ketiga (1964–1980)
Komputer generasi ketiga dibuat dengan menggabungkan beberapa komponen di dalam
satu tempat. Tampilan dari komputer juga disempurnakan. Selain itu, komputer generasi
ketiga penyimpanan memorinya lebih besar dan diletakkan di luar (eksternal). Penggunaan
listriknya lebih hemat dibanding komputer generasi sebelumnya. Ukuran fisiknya menjadi
lebih kecil (komputer mini) sehingga lebih menghemat ruang. Komputer generasi ketiga juga
mulai menggunakan komponen IC (Integrated Circuit) atau disebut chip. Dapat digunakan untuk multiprogram. Contoh komputer generasi ketiga adalah Apple II, IBM PC, dan NEC PC.

d. Generasi Keempat (1980–sekarang)

Sumber: img.alibaba.com
Gambar 1.26 Komputer pribadi atau
personal computer (PC)
Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu komponen transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang sangat besar atau Very Large Scale Integration (VLSI). Pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih cepat atau dalam waktu yang singkat. Media penyimpanan komputer
generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut
komputer mikro. Contohnya adalah PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini adalah Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super (super computer). Bahasa pemrograman BASIC dan Pascal mulai digunakan pada komputer generasi keempat. Bahasa-bahasa program tersebut merupakan bahasa yang paling populer untuk komputer mikro. Perkembangan selanjutnya adalah Laptop, Notebook, Handheld, PDA dan Palmtop mulai diperkenalkan. Komputerkomputer
tersebut lebih kecil dari komputer mikro serta mudah dibawa ke manamana. Komputer mikro juga dapat dihubungkan oleh jaringan internet.


e. Generasi Kelima
Sumber: www.kapanlagi.com
Gambar 1.27 (a) Laptop
Komputer generasi kelima memang belum terwujud karena komputer generasi ini merupakan komputer impian masa depan. Pembuatan bentuk komputer generasi kelima tentunya akan lebih kompleks. Komputer generasi kelima ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pengolahan yang bekerja secara serentak untuk menyelesaikan lebih dari satu masalah dalam waktu yang
bersamaan. Komputer generasi ini juga mempunyai memori yang besar. Komputer impian ini diperkirakan akan mempunyai kepandaian tersendiri atau dapat membuat keputusan sendiri. Sifat luar biasa komputer ini disebut sebagai kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Posting Komentar

15 Komentar

  1. Terima kasih penjelasannya tentang sejarah komputer yang cukup lengkap ini. Salam kenal

    BalasHapus
  2. masih bingun saya mencari sejara perkembangam komputer dari tahun1940 sampai sekarang.

    dan di sertai gambar

    BalasHapus