Persiapan Alat dan Bahan Sebelum Merakit PC


Sebelum kita merakit sebuah PC, hendaknya kita menyiapkan semua alat dan bahan yang akan saya sebutkan dan saya beri penjelasan singkat, yaitu sebagai berikut :


A. Alat-alat yang diperlukan

1. Obeng
Berfungsi sebagai alat untuk melepas dan memasang sekrup pada Motherboard/Mainboard, harddisk, CD/DVD Drive, serta Casing.
Obeng biasanya bermodel bolak-balik, yaitu plus dan minus. Serta fasilitas paling membantu pekerjaan kita yaitu pada ujung-ujung obeng dilengkapi magnet, yang berfungsi ketika obeng terjatuh pada casing dan komponen-komponen Motherboard/Mainboard dan tangan kita kesulitan mengambilnya, maka kita tinggal mengambil dengan ujung obeng tadi.

2. Gelang Antistatik
Gelang antistatik (bahasa Inggris: antistatic wrist strap, ESD wrist strap, atau ground bracelet) adalah alat yang digunakan untuk mencegah pengosongan elektrostatik (Bahasa Inggris: electrostatic discharge, yang disingkat ESD) dengan membumikan (grounding) seseorang yang sedang mengerjakan alat elektronika.

Fungsi dari Gelang Anti Statis :

1. Memperlambat/mencegah terjadinya kerusakan pada komponen-komponen PC.

2. Mencegah tersengat aliran listrik sa'at memperbaiki PC



B. Bahan-bahan yang diperlukan

1. Motherboard/Mainboard
Motherboard atau mainboard merupakan papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada Motherboard juga terdapat socket untuk processor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu seperti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dan lain-lain.


Motherboard merupakan Pusat pengendali yang mengatur kerja dari semua komponen yang terpasang pada mother board. Mengatur pemberian daya listrik pada setiap komponen PC.  Lalu lintas data semuanya diatur oleh motherboard, mulai dari peranti peyimpanan (harddisk, CD-ROM), peranti masukan data (keyboard,mouse, scanner), atau printer untuk mencetak.

Motherboard dibagi menjadi 3 bagian, yaitu : Value (terjangkau), Mainstream (menengah,) High End (kelas atas). Motherboard memiliki dua ukuran, yang disebut ATX dan Micro-ATX. Chipset merupakan “jantung” dari Motherboard. Pilihlah chipset dengan teknologi paling akhir, agar dapat menggunakan devices & periferal terbaru. Contohnya : mendukung Processor Intel LGA775, RAM DDR/DDR2, Hard Disk Serial ATA, dsb. Produsen chipset yang umum di Indonesia antara lain : Intel, Via dan SiS.Driver adalah aplikasi yang berfungsi untuk “memperkenalkan” devices atau periferalyang dipasang pada Motherboard, misalnya VGA Card, Printer, CD ROM dan sebagainya. Tanpa driver, perangkat tersebut tidak dapat berjalanan atau dikenali oleh sistem PC. Pastikan Motherboard telah dilengkapi dengan CD Driver yang up-to-datedsehingga dapat mengenali perangkat terbaru.Arti istilah Jumper dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut :Bentuk yang sederhana dari switch on/of. Umumnya jumper ini berukuran amat kecildan terbuat dari logam yang terbungkus plastik. Dimana biasanya digunakan untuk menentukan setting suatu fungsi seperti besaran frekuensi, BIOS, dll.

2. Processor

Processor merupakan alat pemroses yang sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer.


Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.


Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarangukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasaran adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel.

Bagian dari Prosesor terbagi menjadi 3 yaitu :

  •     Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  •     Control Unit (CU)
  •     Memory Unit (MU)


3. Harddisk (HDD)

Merupakan suatu media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar. Harddisk dalam PC berfungsi sebagai penyimpan data baik Sistem Operasi maupun data pribadi lainnya. Harga dari media penyimpanan ini tergolong mahal. Harddisk sekarang sudah ada yang berjenis eksternal yang mudah dibawa kemana-mana. Kapasitas harddisk juga bervariatif ada yang berkapasitas 80 GB, 120 GB, 250 GB, 320 GB, 500 GB, 1 TB dan sekarang mencapai 3 TB.


4. RAM (Random Access Memory)

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat keras komputer yang bertugas untuk menyimpan data. RAM bersifat sementara artinya data yang tersimpan dapat terhapus. Beda halnya dengan ROM, ROM mempunyai tugas yang sama dengan RAM akan tetapi ROM bersifat permanent dalam artian data yang tersimpan tidak bisa kita hapus. RAM merupakan jenis memory yang isinya dapat ganti-ganti selama komputer itu hidup dan mempunyai sifat bisa mengingat data atau program selama terdapat arus listrik dan dapat menyimpan maupun mengambil data dengan sangat cepat.


Beberapa Jenis RAM yang kita ketahui saat ini, antara lain :
1. RAM
Ditemukan pertama kali oleh Robert Dennard, di produksi besar-besaran pada tahun 1968, dan dari sinilah sejarah ram bermula. RAM membutuhkan tegangan 5.0 volt untuk dapat berjalan pada frekuensi 4,77MHz, dengan waktu akses memori (access time) sekitar 200ns (1ns = 10-9 detik). RAM generasi pertama ini menggunakan slot 30 pin pada motherboard.

2. DRAM
IBM menciptakan sebuah memory yang di namai DRAM pada tahun 1970, DRAM sendiri merupakan singkatan dari Dynamic Random Access Memory, DRAM mempunyai frekuensi kerja yang bervariasi, yaitu antara 4,77MHz hingga 40MHz.

3. FPM  DRAM
Memori jenis ini bekerja layaknya sebuah indeks atau daftar isi. Arti Page itu sendiri merupakan bagian dari memori yang terdapat pada sebuah row address.

4. EDO DRAM EDO
DRAM (extended data output dynamic random access memory) diciptakan pada tahun 1995

5. SDRAM
Kingston menciptakan SDRAM pada peralihan tahun 1996-1997, modul ini dapat bekerja pada kecepatan (frekuensi) bus yang sama / sinkron dengan frekuensi yang bekerja pada prosessor.

6. DR RAM
Pada tahun 1999, Rambus menciptakan sebuah sistem memori dengan arsitektur baru dan revolusioner, berbeda sama sekali dengan arsitektur memori SDRAM.Oleh Rambus, memori ini dinamakan Direct Rambus Dynamic Random Access Memory.


7. DDR SDRAM
Pada tahun 2000, Crucial berhasil mengembangkan kemampuan memory SDRAM menjadi 2 kali lipat. Teknik yang digunakan adalah dengan menggunakan secara penuh satu gelombang frekuensi. Jika pada SDRAM biasa hanya melakukan instruksi pada gelombang positif saja, maka DDR SDRAM menjalankan instruksi baik pada gelombang positif maupun gelombang negatif. Oleh karena dari itu memori ini dinamakan DDR SDRAM yang merupakan kependekan dari Double Data Rate Synchronous Dynamic Random Access Memory.


8. DDR3 SDRAM
RAM DDR3 ini memiliki kebutuhan daya yang berkurang sekitar 16% dibandingkan dengan DDR2.


9. SO-DIMM
Small Outline Dual In-Line Memory Module (SO-DIMM) merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat notebook.

5. Heatsink dan Fan
Heatsink adalah sebuah logam (terbuat dari aluminium atau tembaga) yang menempel di atas sebuah chip melalui perantara krim yang disebut dengan thermal grease. Heatsink ini bisa anda temukan terpasang diatas processor (CPU), di atas chip VGA card (GPU), dan juga bisa anda temukan pada jenis RAM kelas high-end.
Fungsi heatsink : menyebarkan panas yang dihasilkan oleh chip yang ada di bawahnya ke udara di sekitarnya, jadi fungsinya adalah untuk mendinginkan chip tersebut.


fan adalah semua kipas yang terdapat di dalam casing komputer, fan ini ada yang menempel di casing ada juga yang menempel di atas heatsink.

Fungsi fan : mendinginkan heatsink tersebut, sedangkan fungsi fan yang menempel di casing adalah untuk mengatur aliran udara (air flow) di dalam casing supaya tetap dingin, jadi udara segar dari luar ditarik ke dalam dan udara panas dari dalam dikeluarkan.

6. Power Supply

Power supply adalah perangkat elektronik yang berbentik persegi yang melekat pada chasing komputer yang berfungsi untuk merubah arus AC menjadi arus DC untuk memberi daya pada komponen komputer seperti motherboard, harddisk, CD room, Floppy Disk maupun komponen lain yang memerlukan daya. Pada saat ini dikenal 2 jenis power supply yaitu power supply AT dan power supply ATX.

Pada power supply banyak mempunyai konektor - konektor sebagai output dari power supply, Setiap konektor dari power supply menyesuaikan dari komponen hardware komputer yang akan diberi daya dan setiap konektor mempunyai peranan dan fungsi yang berbeda - beda.

7. CD atau DVD Drive

CD atau DVD Drive adalah Drive Optikal yang digunakan untuk mengakses informasi via optic (sebuah laser dan lensa). Kini model terbaru menggunakan teknologi Blue-ray. Jenis CD/DVD cukup banyak seperti CD/DVD ROM (Read Only Memory) yang hanya bisa dibaca dan tidak bisa ditulis ulang, CD/DVD RW (Rewritable) yang bisa ditulis ulang.


8. Casing

Casing adalah Kotak yang berisi komponen-komponen mainboard dan peripheral lainnya. Wadah ini digunakan sebagai tempat melindungi mainboard dan perangkat keras lainnya.

Fungsi Casing :

  1. Melindungi berbagai komponen didalamnya dari deebu,panas matahari,air dan kotoran lainnya pada saat bekerja.
  2. Hampir semua peripheral menggunakan casing sebagai tempa dudukannya.
  3. Exhaus Fan yang berfungsi sebagai pendingin ruanganpun,menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu didalam CPU.
  4. Casing PC yang juga amat penting ialah sebagai tempat dudukan tombol-tombol atau lampu-lampu. Contohnya Tombol Power pada CPU.
  5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai kediaman (rumah mainboard) power supply yang memberikan tugas buat semua komponen. 

9. Monitor
Monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut. maka dari itu monitor juga sering di sebut sebagai layar tampilan komputer. Ketajaman gambar yang ditampilkan pada sebuah layar monitor sangat ditentukan oleh resolusi. Tipe-tipe layar atau monitor komputer sekarang sangat beragam, mulai dari bentuknya yang besar yang memiliki layar cembung sampai dengan monitor yang berbentuk tipis dengan layar datar (flat). Ada beberapa jenis atau tipe monitor, yang paling populer yaitu CRT dan LCD.


10. CD/DVD Master Windows
CD/DVD Master Windows ini digunakan untuk instalasi Sistem Operasi untuk PC. Tanpa Sistem Operasi kita tidak akan bisa mengoperasikan PC, karena Sistem Operasi sebagai penghubung antara Hardware dengan Manusia (user).

Posting Komentar

4 Komentar

  1. artikel yang sangat bermanfaat bagi kami yang baru belajar tentang cara merakit komputer...

    BalasHapus
  2. Thanks Broo...atas artikelnya... Membantu teman2 berkarya...Ayo Kerja!!!

    BalasHapus
  3. Thanks Broo...atas artikelnya... Membantu teman2 berkarya...Ayo Kerja!!!

    BalasHapus
  4. mantap bener ini artikelnya
    http://obattipes.xyz

    BalasHapus