Pengenalan Jaringan Komputer


Pengertian Jaringan Komputer
Jaringan komputer adalah dua komputer atau lebih yang saling dihubungkan, sehingga antar komputer dapat saling berkomunikasi, berbagi files/data, serta berbagi fasilitas (printer, scanner) dengan menggunakan media tertentu (kabel, fiber optik, gelombang radio, dsb).

Agar dua komputer dapat saling berkomunikasi maka diperlukan adanya suatu protokol.

Protokol merupakan sekumpulan aturan yang mengatur hubungan antara dua interface/lebih (dalam hal ini komputer), sehingga dapat saling berkomunikasi.

Protokol layaknya sebagai bahasa, jika seseorang ingin melakukan komunikasi dengan orang lain, maka antara orang yang satu dengan lainnya harus menggunakan bahasa yang sama, jika tidak mungkin akan terjadi kesalahan informasi. Protokol yang lazim digunakan dalam LAN/Jaringan adalah Protokol TCP/IP.

Keuntungan dari Jaringan
  • Effisiensi waktu dan tenaga
  • Dapat berbagi/sharing files data/software mau pun hardware
  • Tingkat keamanan yang lebih tinggi
  • Dapat diaplikasikan pada jaringan Diskless (jaringan tanpa hardisk), sehingga dapat menghemat biaya.
  • Jika sebuah komputer terkoneksi pada internet, fasilitas serupa juga dapat dinikmati oleh komputer lain yang terhubung dalam sebuah LAN.

 Macam-macam Jaringan
  1. Local Area Network (LAN) Jaringan komputer dengan cakupan area antara 10m – 1 km, misalnya untuk hubungan beberapa komputer dalam satu lingkungan sekolah/kampus.
  2. Interconnection Network (Internetwork) Beberapa jaringan LAN yang digabungkan menjadi satu , tetapi masih dalam satu area (misal :jaringan masih satu area sekolah/kampus)
  3. Metropolitan Area Network (MAN)Jaringan komputer yang menghubungkan komputer antar gedung di dalam suatu kota dengan jarak maksimal adalah 10 – 50 km. 
  4. Wide Area Network (WAN)Jaringan WAN memilki radius yang sangat luas, yaitu antar benua, melewati batasan geografis negara dan bersifat milik umum.
Persiapan yang perlu diperhatikan sebelum membangun Jaringan LAN

Apa aja sih yang perlu diperhatikan dan di persiapkan kalo pak dhe mau buat LAN ?
Dalam membangun LAN ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan, seperti :

1. Media apa yang akan digunakan.

2. Topologi/bentuk jaringan yang akan di pakai

3. Mempersiapkan peralatan yang digunakan untuk jaringan

4. Sedikit pengetahuan tentang jaringan

5. Juga harus tahu cara instalasinya

Posting Komentar

0 Komentar