Mengatasi Troubleshooting pada Motherboard dan Processor


A. Mengatasi Troubleshooting pada Motherboard

Komputer kamu menyala, tapi tidak ada tampilan sama sekali di layar? Itu disebabkan oleh terganggunya ( korsleting ) sistem operasi pada Motherboard, Apa solusi nya? Sedikit pengertian sebelum solusinya di beberkan. Motherboard adalah papan utama dimana terdapat komponen-komponen serta chip controller yang bertugas mengatur lalu lintas data dalam sistem motherboard. Pada motherboard terdapat juga socket untuk pocessor, slot-slot yang digunakan untuk pemasangan komponen kartu serpti VGA Card, Sound Card, Internal Modem, dll. Motherboard berfungsi sebagai Organisasi dan Kontrol, dia yang sebagai Organisasi ialah mengatur dan menentukan alat ( peripheral ) yang bisa dipasang pada komputer. dia sebagai kontroler ialah didalam motherboard terdapat chipset dan program BIOS berfungsi mengatur data.

Berikut solusinya:

  1. Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke PC.
  2. lepaskan semua sekrup penutup cashing.  
  3. Dalam keadaan cashing terbuka silahkan Anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, hardisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. 
  4. Lepaskan juga dengan Card yang menempel pada MBoard ( VGA, Sound atau Card lainnya ). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MBoard saja. 
  5. Silahkan Anda periksa MBoard nya dengan teliti, lihat Chip ( IC ), Elko, Transistor, dan yang lainnya apakah ada yang terbakar. Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan MBoard masih Baik, tapi ada kalanya MBoard tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS.

A. Mengatasi Troubleshooting pada Processor


Komputer kamu menyala, tidak ada tampilan, tidak ada bunyi tiitt 1kali! Itu adalah kerusakan pada Processor. Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya, Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer. Fungsi Processor ialah memproses semua informasi, input output komputer yaitu mose, keyboard, monitor, sound, dll yang diproses menjadi bahasa mesin yang hanya bisa dimengerti oleh komputer sendiri semacam traslator contohnya.
  • Penyebab fungsi Procesoor tidak bekerja dengan baek ialah Processor mengalami overheat ( kepanasan ), terbakar, atau korsleting.
  • Begini solusinya,,karena processor jarang sekali rusak, mungkin dia diprogram buat sekali pakai, jadi harus ganti yang baru.

Posting Komentar

1 Komentar