Mengatasi Troubleshooting pada RAM dan VGA Card


A. Mengatasi Troubleshooting pada RAM
Memory adalah penyimpanan data. Terbagi atas dua bagian, yaitu memory primer dan memory skunder. Memory primer adalah tempat kerja bagi processor, tempat penyimpanan data yang akan diproses oleh processor. Contohnya adalah RAM dan VRAM. Memory skunder adalah tempat menyimpanan seluruh data yang bersangkutan dengan dokumen dan perangkat lunak. Contohnya: Hard disk, Flash disk ( USB stick ), CD, Disket, dll. Memory merupakan bagian dari komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang harus diatur dan dijaga sebaik-baiknya.
  • Komputer dapat menyala, tapi tidak ada tampilan dilayar. Itu disebabkan oleh RAM. langkah pertama yang dilakukan adalah pastikan komputer dalam keadaan off, kemudian cek RAM dengan cara mengambil RAM dari slotnya dengan hati-hati, bersihkan slot dari debu pakai kuas. Setelah itu bersihkan pin-pin RAM dengan penghapus pensil. ketika pembersihan sudah dilakukan. pasang kembali RAM pada slotnya. Lalu hidupkan kembali komputer! Bila masih tidak tampil, kemungkinan kinerja RAM sudah lemah. harus ganti yang baru.
  • Tampilan layar tidak normal ( bersemut warna pelangi ), disebabkan oleh RAM lemah. Solusinya adalah ganti sel. Seluruh nya.
  • Bunyi bip panjang, penyebabnya adalah pemasangan RAM yang kurang baek coba pasang kembali RAM pada slot dengan hati-hati sampai ada bunyi klik.

B. Mengatasi Troubleshooting pada VGA Card
 

VGA ( Video Graphics Accelerator), berfungsi sebagai pengolah data graphis yang outputannya ditampilkan ke layar, VGA juga memiliki processor yang dinamakan GPU ( Graphics Processor Unit ) yang memerlukan kapasitas memory.
  • Saat VGA Card mengalami hambatan pada fungsi, yang biasa disebabkan oleh korosit jamur dan usia pemakaiannya, maka berbagai akibatpun bermunculan seperti komputer dapat dinyalakan, tapi tidak ada tampilan dan berbunyi tit panjang dan pendek 2-3kali. Jangan panik dulu,,Itu adalah kerusakan pada VGA Card. 
  • Pertolongan Pertama Pada VGA Card adalah,, cabut VGA card dari slotnya, bersihkan pin-pin emas dengan penghapus pensil, bersihkan slot dengan kuas karena biasa debu suka nempel juga disana, lalu pasang kembali. Dengan cara ini biasanya berhasil, paling tidak bisa nafas dulu...



Posting Komentar

0 Komentar