Mengatasi Troubleshooting pada Harddisk


Harddisk merupakan media penyimpanan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data. fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storege data secara permanen. Hard disk ini menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada didalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Harddisk juga merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC.



Adapun permasalahan yang biasanya terjadi pada Hard disk ialah terbagi menjadi dua penyebab, pertama pada software(perangkat lunak) dan yang kedua pada hardware(perangkat keras), yaitu:

  • Jika PC di hidupkan lalu tampilan layar hitam dan  bertuliskan “Eror missing or currupt file system on C:\windows\system32\config” maka identifikasinya adalah OS rusak, solusinya lakukan penginstalan ulang OS.

  • Virus, gejala yang ditimbulkan virus terhadap PC bermacam-macam, dia cenderung menyerang pada sistem informasi, langkah pertama  lakukan scaning  dengan anti virus( pastikan anti virus update), jika kerusakan sistem parah maka lakukan instal ulang, sebelumnya lakukan penyelamatan data2 anda.( jika data anda hilang akibat virus) lakukan langkah ini pada icon start-klik kanan-pilih explore-tools-folder options-view-contreng show hidden files and show-ok.

  • Ketika PC hidup dengan tampilan layar hitam , ada tulisan “NTLDR is missing” itu disebabkan hilangnya salah satu file OS yaitu NTLDR, solusinya ialah  mengembalikan file NTLDR tersebut, dengan cara mengcopy file NTLDR(di partisi C ) pada PC lain ( syarat OS yang dipakai sama), kalau file NTLDR tidak keliatan , lakukan show hidden and show. setelah pengcopyan selesai dilakukan, paste ke PC yang bermasalah tadi. media yang diperlukan adalah flash disk dan mini XP ( software ).

  •  Jika PC di hidupkan lalu tampilan layar bewarna biru dan tiba-tiba merestart, terus kembali berulang-ulang. identifikasi masalahnya adalah kinerja OS mengalami suatu hambatan, solusi yang pertama dilakukan ialah mleiat safe mode dengan cara restart PC ( ctrl+alt+delete) – dalam proses restart, secara bersamaan tekan F8 berulang-ulang sampai muncul pilihan safe mode-enter-( tunggu prosesnya sampai masuk OS). setelah itu lakukan restart, agar OS dapat  berjalan normal kembali. Apabila dengan safe mode belum berhasil maka lakukan instal ulang. 
  • Disk boot failur, adalah pemberitahukan tentang hard disk yang bermasalah. Ciri-ciri nya ketika PC dihidupkan tampilan layar bewarna hitam dan bertuliskan “disk boot failur”. Solusinya ialah pastikan kabel data ke hard disk terhubung dengan benar dalam kondisi bagus. Terus cek pada bios terbaca atau tidak, kalau tidak berarti harddisk rusak.


Posting Komentar

0 Komentar