Langkah-langkah Merakit PC


Berikut ini adalah langkah-langkah perakitan CPU.
1. Letakkan motherboard pada tempat yang datar dan jangan lupa beri alas dangan permukaan yang lembut agar motherboard tidak tergores atau putus jalur komponennya.

2. Pasang processor pada motherboard. Pemasangan processor usahakan diluar casing agar memudahkan anda dalam pemasangan processor tersebut. Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard yang digunakan.

3. Setelah prosessor terpasang kemudian lakukan pemasangan kipas dan heatsink prosessor .

4. Pasangkan RAM pada slot RAM yang tersedia pada motherboard. Pemasangan RAM pada slot harus mengikuti aturan karena apabila terjadi kesalahan dalam pemasangan dapat membuat RAM dan motherboard rusak atau terbakar.

5. Siapkan cassing untuk pemasangan semua komponen yang sudah di sediakan.

6. Setelah meyiapkan casing pasnaglah catu daya atau power suplly.seperti gambar dibawah ini

7. Setelah itu masukkan motherboard pada cassing secara perlahan agar motherboard tidak rusak. Pada saat pamasangan motherboard, perhatikan konektor mouse, keyboard, serial, vga dan sound agar terpasang dengan panel yang terdapat pada cassing dengan benar.

8. Kemudian bautlah motherboard dengan dudukannya agar kuat dan tidak goyang.

9. Dicontoh ini kita mengunakan motherboard yang sudah dilengkapi dengan VGA, Sound Card, dan LAN Card yang sudah menjadi satu dalam motherboard.Komponen yang suah menjadi satu dengan motherboard disebut dengan komponen ON BOARD.

10. Stelah itu pasanglah CD ROM pada rak yang terdapat pada casing, dengan cara memasukkannya dari depan.

11. kemudian bautlah CD ROM yang telah terpasang tadi dangan raknya agar tidak goncang.kemudian pasangkan kabel power dan kabel data atau kabel ATA CD ROM pada motherboard.

12. Pasanglah harddisk pada rak yang terdapat pada casing dengan perlahan agar harddisk tidak terbentur. Karena komponen harddisk ini sangat rawan tehadap goncangan.kemudian baut dengan kencang agar tidak goyang.

13. Setelah harddisk terpasang kemudian pasanglah kabel data atau kabel ATA harddisk pada motherboard dan pada harddisk itu sendiri.

14. Pasang konektor power suplay pada tempatnya pada konektor yang terdapat di motherboard.(perhatian: jika pemasangan ini salah maka akan mengakibatkan kerusakan yang fatal pada motherboard).

15. kemudian tancapkan konektor power/reset/hdd led/power led dan lain-lain pada konektor yang terdapat di motherboard.

16. Setelah kita selesai merakit semua komponen maka perktan tersebut harus kita uji apakah perakitan ini berhasil atau tidak. Dengan cara hidupkan komputer bila komputer dapat BOOTING maka perakitan berhasil.Bika tidk dapat BOOTING, berarti perekitan belum sempurna, Maka harus disempurnakan bila ingin mengistall Sistem Oprasi. Cara meyampurnakannya dengan cara cek kembali semua komponen yang telah dipasang.

Posting Komentar

0 Komentar