Cara Dual Boot Windows 7 dan XP

Langsung saja, dual boot yaitu memasang dua buah Operating System pada satu PC, Nah, kali ini saya akan menjelaskan bagaimana melakukan dual boot antara Windows 7 dan Windows XP.

Langkah-langkah :

Alat dan Bahan : 

- DVD/Flashdisk instalasi Windows 7 dan XP. bagi yang ingin membuat instalasi Dua Windows dengan satu Flashdisk sekaligus atau 1 Flashdisk untuk install banyak Windows langsung terjun Cara Install Banyak Windows lewat Flashdisk 
- Minimal dua partisi misal, C dan D.
- Software easybcd
- Pastinya PC.

1) Install Windows 7 terlebih dahulu di Partisi C.

2) Install Windows XP di Partisi D. 
pasti Windows 7 akan terdindih pendahulunya ini.

3) Masukkan lagi DVD/Flashdisk instalasi Windows 7, dan ikuti langkah2 berikut :


  1. Masukkan dvd instalasi windows 7 de dalam dvd room dan klik next
  2. Pilih Repair your computer, bukan install now
  3. Setelah proses pencarian sistem operasi klik next
  4. Akan muncul beberapa pilihan menu, pilihlah menu yang paling atas yaitu Status Repair
  5. Tunggu hingga proses selesai dan restart komputer anda dan lihat hasilnya laptop anda akan kembali booting dengan windows 7.


         Setelah proses diatas selesai lanjutkan dengan menginstal Easy BCD. Kemudian setelah instal buka programnya dan pilih Add New Entry lalu pilih menu Windows dan pilih Windows NT/XP/2K3 terakhir klik Add Entry contohnya ada pada gambar di bawah ini. Restart laptop/ komputer anda dan lihat hasilnya anda akan diberi pilihan untuk masuk ke Windows 7 atau Windows XP.



Posting Komentar

5 Komentar

  1. Balasan
    1. bang ary ramadhan : maksudnya gini bang, tu kan mau install xp & 7 pd satu pc, nah untuk media installasinya atau master windows itu bisa dvd atau flashdisk, untuk membuat installasi dari flashdisk bisa dengan membaca postingan saya yang lalu.

      Setelah media tersedia maka langkah selanjutnya adalah menginstall windows 7 dulu di partisi C sampai finish lalu baru install windows xp di partisi lain misalnya D.

      Setelah itu pc abang akan booting dari xp saja karena startup windows 7 tertindih oleh xp tetapi hanya startupnya.

      Langkah selanjutnya masukkan media installasi windows 7 lagi lalu di repair. dan setelah di repair pc abang akan booting win7 karena startup win xp tertindih, langkah selanjutnya adalah install aplikasi easybcd untuk mengembalikan startup windows xp tetapi tidak menghilangkan startup win 7. oke.... baca lagi bang oke...

      Hapus
    2. kalau sebelum instal windows xpnya kita download dulu easybcdnya. apakah masih perlu repair windows 7nya lagi mas?

      Hapus
    3. bang willy : intinya install dlu xp and 7 nya, trus repair 7nya, baru 7 yg di repair tdi diinstall easybcd untuk mengembalikan xp nya agar jadi dual boot....

      Hapus